Selasa, 18 November 2008

Audit eksternal ISO 9001 : 2000

Direktorat pembinaan SMK akan diaudit ISO nya. Tanggal 20 dan 21 November akan dilakukan audit surveillance oleh Sucofindo.
Pekerjaan yang harus dengan keras diupayakan adalah menemukan dokumen yang berserakan karena adanya renovasi ruang.
Tetapi alhamdulillah, semua tim ISO Dit. PSMK sudah siap dan bergembira membenahi dokumen dan menyiapkan diri untuk diaudit.
Rencananya Bila Audit ini sukses, Direktorat pembinaan SMK akan bermigrasi untuk merah ISO 9001 : versi 2008.
Vesi ini lebih mengedepankan adanya stakeholder sustainability. Dengan sertifikat ini, proses kepuasan pelanggan tidak boleh mengabaikan sustainabilitas stakeholder lainnya.
Ceritanya, bila kita membangun rpotyek, jangan hahanya manfaat bagi suatu kelompok yang ditonjolkan tetapi dengan mengorbankan kelompok yang lai.
Contoh kongkrit adalah :
Bila kita membangun SMK, apakah nantinya SMK tersebut memberikan manfaat bagi petani sekeliling ? Bagi industri sekeliling ?
Contoh lain adalah, bila kita membangun SMK SBI, apakah nanti orang miskin juga masih bisa sekolah di sana ? jangan sampai pembangunan memarginalkan simiskin, silemah dan si minoritas.
Dalam rapat persiapan ISO tadi siang, semua pengelola dokumen hadir. Komplit. Kita mengurai, satu persatu seluruh temuan Non conformity dari eksternal audit tahun 2007 maupun internal audit tahun 2008.

besok masih akan diupayakan lagi, agar semua dokumen menjadi komplit, dan ISO menjadi bagian sistem yang hidup di Direktorat pembinaan SMK.

Salam,

Mustaghfirin

Tidak ada komentar: